Bangunan dengan baja ringan

Pastinya bangunan dengan baja ringan sangat menguatkan dan kokoh sekali, De3ngan struktur baja ringan ini akan memberikan keuntungan yang sangat luar biasa sekali karena ,ereka sering datang dalam panel, mereka mudah untuk menempatkan bersama – sama. Banyak orang lebih memilih mereka untuk kualitas terbaik . baja ringan juga dirakit dengan sangat cepat banyak kontraktor yang berbeda mengkhususkan diri dalam pembuatan baja dan atap yang dapat dirakit menjadi struktur lengkap. Struktur ini sangat ringan. Hal ini membuat mereka ideal untuk berbagai penggunaan. Mereka dapat digunakan sebagai gedung penyimpanan atau rumah ayam. Banyak orang menggunakan jenis produk untuk proyek-proyek yang memerlukan bangunan besar. Jika ini adalah kebutuhan Anda Anda dapat memeriksa dengan perusahaan di daerah Anda tentang menyediakan estimasi yang diperlukan untuk memiliki hal dibangun.

baja ringan
Rumah dengan menggunakan baja ringan sangat penting sekali sehingga atap akan tahan lama, sehingga penggunaan baja ringan harus dikerjakan oleh tenaga yang sangat professional sekali. Seiring perjalanan baja ringan banyak mengalami perkembangan dengan pesat sekali, banyak yang menggunakan baja ringan untuk konstruksi diluar atap rumah utama,  seperti penggunaan baja ringan untuk ''carport''/ canopy, partisi / penyekat dinding atau rak. Khusus untuk sebagai penyekat / dinding sebenarnya material baja ringan telah populer di luar negeri maupun dalam negri, dimana disana pembuatan rumah prefab (prefabrikasi), dimana rumah dibangun dari rangka/ kolom2 yang terdiri dari rangkaian baja ringan. Masih banyak kegunaan baja ringan yang bisa kita pakai atau terapkan. Penggunaan baja ringan harus sesuai dengan penggunanya masing-masing. Selama menggunakan spesifikasi bahan yang sesuai dengan kebutuhan, serta pengerjaan yang rapi, tidak ada halangan bagi Anda untuk menciptakan hal-hal baru untuk berbagai keperluan di rumah Anda.

Kelebihan dan kelemahan baja ringan


Pastinya dalam penggunaan baja ringan ada lelebihan dan kelemahan baja ringan yang akan kita pakai. Kelebihan dengan menggunakan baja ringan seperti Karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah. Baja ringan bersifat tidak membesarkan api, Tidak bisa dimakan rayap, Pemasangannya relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu, Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin. Sedangkan kelemahan baja ringan karena kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon, Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan, Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.

baja ringan
Peraturan untuk konstruksi rangka atap baja ringan di Indonesia sepertinya belum ada(setidaknya untuk saat ini), kalaupun ada hanya tersirat pada peraturan rangka atap baja ringan secara umum, sedangkan untuk baja cold form sepertinya belum ada secara khusus. Baja ringan dilihat dari sudut lain Karena salah satu kelebihan baja adalah tidak dimakan rayap, ya bisa dikatakan memang benar bahwa rangka atap baja ringan adalah sahabat alam. Seperti diketahui rayap merupakan serangga perusak kayu yang cukup ditakuti diseluruh dunia. Kemampuan makan seekor prajurit rayap bisa mencapai 2,5 kali berat tubuhnya setiap hari. Selain masalah rayap, penggunaan rangka atap baja ringan yang semakin lumrah tentu saja bisa mengurangi volume pemakaian kayu untuk bahan bangunan, tapi itu baru secara logika.