Alat pemadam kebakaran api

Alat pemadam kebakaran api jenis air biasa dikenal dengan istilah Air Pressured Water Extinguishers (APW) adalah alat pemadam kebakaran yang diisi dengan 2/3 air biasa kemudian di press dengan udara biasa juga. Pada konsepnya, alat pemadam api jenis air hanyalah sebuah pistol air raksasa. Alat pemadam api jenis air memiliki tinggi tabung sekitar 2 kaki (60 cm) dan berat kurang lebih 25 pounds (11 kg). dirancang khusus untuk mengatasi kebakaran kelas A yaitu kebakaran pada material-material solid / padat seperti kayu, kertas, kain, tekstil, dll.

Poin-poin yang harus diketahui dengan pasti:

1. Jangan pernah aplikasikan Alat pemadam api jenis air pada kebakaran yang berhubungan dengan arus listrik, seperti kebakaran pada ruang server, ruang instalasi kabel, ruang PABX, laboratorium computer, dll, karena air adalah konduktor yang bagus. Dan akan menyebabkan konslet dan kerusakan pada komponen. Pastikan untuk matikan listrik pada area yang terbakar atau mencabut semua colokan sebelum menyemburkan pemadam api jenis air pada area.

2. Jangan pernah aplikasikan Alat pemadam juga pada situasi kebakaran yang disebabkan oleh cairan mudah terbakar seperti minyak makan, bensin, oli, minuman beralkohol tinggi, dll. Penggunaan air pada cairan tersebut malah akan menambah penyebaran api semakin cepat.

Bahan alat pemadam kebakaran


Alat pemandam kebakaran mengandung bahan kimia yang tepat untuk mengatasi api , hasil api dari reaksi antara oksigen dan beberapa jenis bahan bakar di atmosfer, seperti kayu atau bensin. Sesuatu akan perlu suhu yang sangat tinggi untuk menyalakan api ini. Sebatang rokok , misalnya , adalah penyebab yang sangat umum dari api. Meskipun banyak perokok percaya bahwa mereka telah padam rokok sepenuhnya, sebuah bara masih dapat menyala di ujung rokok yang bisa menyalakan dan menyalakan api.

Ketika api membakar, dapat menyebar dengan sangat cepat. Beberapa video keselamatan kebakaran menunjukkan bahwa seluruh ruangan bisa turun hanya dalam 60 detik. Ada banyak barang yang mudah terbakar di rumah atau tempat kerja. Dirumah, Anda akan melihat tirai, kertas , kayu, dan sebagainya. Dalam lingkungan bisnis, anda juga cenderung melihat banyak kertas serta peralatan listrik, komputer dan barang - barang yang mudah terbakar.

Api akan terus menyala selama cukup bahan bakar dan oksigen untuk menjaga yang akan terjadi. Semakin banyak yang ada di jalur api, semakin besar kemungkinan untuk membakar dan menyebabkan banyak kerusakan. Sebuah pemadam bekerja dengan menghapus setidaknya salah satu elemen yang api untuk bertahan hidup. Tentu saja, kebanyakan orang tahu bahwa air sangat diperlukan untuk membantu memadamkan api. Namun , hal ini sering tidak cukup ketika kebakaran lebih mapan dan juga tergantung pada jenis kebakaran. Jenis lain yang populer pemadam kebakaran adalah karbon dioksida pemadam murni. Karbon dioksida akan membentuk gas di atmosfer yang lebih berat daripada oksigen, sehingga menggantikan oksigen dan menghalau alat pemadam api.