Jenis alat pemadam api portable

Adapun jenis alat pemadam api portable yang bisa anda pilih diperusahaan kami. Alat pemadam berjenis water dan alat ini menggunakan air dan karbon dioksida sebagai baham pemadam. Jenis pemadam ini cocok untuk memadamkan api yang membakar kertas dan kayu. Dan tidak boleh digunakan pada area-area yang terdapat peralatan yang menggunakan listrik atau cairan kimia organic yang tidak larut didalam air. Kedua alat pemadam co2 yaitu alat pemadam yang mengeluarkan awan karbon dioksida dan partikel COP padat pada saat digunakan. Jenis pemadam ini digunakan untuk area dimana terdapat peralatan elektronik sehingga peralatan tersebut tidak rusak, seperti instrument laboratorium, server, komputer, dan sebagainya.Ketiga halon dan alat pemadam ini bisa digunakan di pabrik, laboratoriun atau area workshop dan dimana terdapat kemungkinan minyak dan bahan mudah terbakar tapi jenis alat pemadam ini tidak bisa digunakan untuk area – area dimana terdapat peralatan elektronik dan biasanya dikembangkan untuk memadam kebakaran pada pesawat udara. 
alat pemadam api


Keempat alat pemadam powder extinguishers warna biru yang merupakan serbuk kering yang mempunyai sifat seperti serbuk silica yang dicampur dengan serbuk sodium bikarbonat. Dipompa.keluar tabung dengan bantuan gas karbon dioksida yang berasal dari catridge. Kelima foam extinguisher warna krem dan jenis pemadam ini menggunakan bahan kimia yang dapat membnetuk busa yang stabil dan didorong dengan karbondioksida pada saat keluar dari tabung dan foam yang keluar akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga dapat memadamkan api karean oksigen tidak bisa masuk untuk proses kebakaran. Jenis pemadam ini dapat digunakan pada area dimana jenis pemadam air tidak bisa digunakan. Seperti pada area yang terdapat minyak yang tidak bisa bercampur dengan air.

Kerja alat pemadam api portable


Adapun kerja alat pemadam api portable dan untuk alat pemadam portable sangat terjangkau sekali.dan untuk cara kerja tersebut terbagi menjadi dua. Pertama Stored Pressure System adalah sebuah system yang gas pendorong ditempatkan pada ruangan yang sama dimana media pemadaman tersebut ditempatkan. Gas pendorong yang digunakan tergantung oleh extinguishing agent yang dipakai. Untuk alat pemadam api yang menggunakan extinguishing agent dry chemical powder biasanya memakai nitrogen sebagai gas pendorong. Sedangkan alat pemadam api portable yang memakai extinguishing agent jenis air dan busa biasanya memakai oksigen sebagai gas pendorong. Type ini merupakan type yang paling banyak terdapat di pasaran dan digunakan hamper diseluruh bangunan gedung di Indonesia.

alat pemadam api


Kedua, cartridge operated, atau alat pemadam api portable yang dioperasikan menggunakan cartridge. Gas pendorong ditempatkan pada sebuah tabung cylinder tersendiri yang disebut dengan cartridge. Tidak seperti pada type stored pressure, gas pendorong yang digunakan pada type ini adalah Carbon dioksida yang dimampatkan. Type ini merupakan type yang paling disukai oleh kalangan industry, disebabkan karena kemudahannya dalam diisi –ulang, sehingga memungkinkan alat pemadam api tersebut diisi kembali dalam waktu singkat setelah digunakan. Maka pilihlanh cara kerja alat pemadam api portable yang sesuai dengan jenis alat pemadam api tersebut.