Alat pemadam Api kebakaran

Alat Pemadam Api kebakaran merupakan alat dan perlengkapan untuk perlindungan dari kebakaran aktif dan digunakan untuk menanggulangi kebakaran kecil atau dalam kondisi darurat. Biasanya dalam bentuk tabung dengan tekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api.

Pada Alat pemadam api bertekanan (stored pressured), baik media maupun  gas penyembur disimpan dalam ruangan (tabung) yang sama. Tentunya gas penyembur yang digunakan sebagai bahan pendorong ini akan berbeda tergantung media pemadam yang digunakan. Contohnya pada alat pemadam yang menggunakan media kimia kering biasanya menggunakan nitrogen sebagai pendorong, sedangkan alat pemadam yang menggunakan media air dan busa (foam) menggunakan udara sebagai bahan pendorong.  Alat pemadam api bertekanan adalah yang paling banyak digunakan.


 Alat Pemadam Api merupakan alat yang dipakai pada keadaan yang sangat terdesak atau biasa di sebut keadaan darurat. Penggunaan Alat pemadam api pun tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan tata cara menggunakan alat pemadam api. Alat pemadam api merupakan tabung yang berisi dengan zat pemadam yang biasa di sebut agen dan berfungsi untuk memadamkan api secara cepat sesuai klasisifikasi jenis benda yang terbakar. Pada alat pemadam api yang menggunakan cartridge, gas pendorong berada dalam cartridge yang terpisah dengan media pemadam di dalam tabung. Untuk mendorong bahan pemadam keluar harus menekan cartridge terlebih dahulu.

Jenis – jenis alat pemadam Api Kebakaran


Sedangkan jenis Alat pemadam api yang dioperasikan Cartridge gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar, mendorong bahan pemadam. Sebagai pendorong, alat pemadam api cartridge biasanya menggunakan karbon dioksida, namun ada juga beberapa jenis yang menggunakan cartridge nitrogen untuk digunakan pada temperatur yang rendah.  Alat pemadam api cartridge lebih sering digunakan pada fasilitas industri yang membutuhkan skil atau kemampuan menggunakan alat pemadam api lebih tinggi. Karena lebih sederhana, alat ini memungkinkan pengguna melakukan pemadamam lebih cepat.

Kebanyakan api cartridge menggunakan  media kimia kering dan jenis serbuk kering serta berbahan basah seperti air, busa, kimia kering (kelas ABC dan BC), dan bubuk kering (kelas D) .

Selanjutnya  api juga terbagi dalam dua kelompok yaitu Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang biasa disebut juga alat pemadam genggam (portable)  yang memiliki berat sekitar 0,5-14 kilogram, dan mudah dibawa dengan hanya menggunakan tangan. Kelompok kedua adalah Alat Pemadam Api Berat (APAB) yang memiliki roda atau disebut juga api troli. Alat pemadam api beroda ini biasanya berkapasitas diatas 23 kilogram. Kalau alat pemadam api ringan sering ditemukan di daalam ruangan atau gedung, alat pemadam api berat biasanya diletakkan di luar bangunan, bandara, pelabuhan dan lain-lain.

Pada periode sekarang ini, perusahaan telah berhasil bekerja sama dengan banyak perusahaan baik besar maupun kecil dari berbagai kalangan dan jenis pelanggan. Hal tersebut dapat terlihat dengan telah di gunakannya produk dan jasa yang di miliki oleh CV. AMARE AQILA oleh perusahaan-perusahaan seperti Oil and Gas Company, Industri, PLN, Perkantoran, Bank, Sekolah dan Universitas, Pemerintahan, juga Gedung gedung Tinggi di Indonesia.